Kamis, 28 Desember 2017

10 Tempat Wisata Religi Terpopuler di Indonesia yang Wajib Dikunjungi


Inilah daftar tempat wisata religi terbaik dan terpopuler di Indonesia!

Bebaca Wisata – Mengisi waktu liburan tidak harus dengan mengunjungi berbagai tempat hiburan ataupun menjelajahi wisata alam yang menarik.

Sesekali, cobalah mencari tempat liburan yang kental dengan nuansa religinya. Di Indonesia sendiri, banyak lho tempat wisata religi yang tidak kalah keren dan memukau dari tempat liburan lainnya.

Selain mendapat pengalaman baru, berkunjung ke tempat wisata religi juga dapat menambah pengetahuanmu seputar sejarah, keindahan arsitektur dan pastinya nilai religi yang terdapat di tempat tersebut.

Jika kamu tertarik, berikut sudah kami buatkan daftar destinasi wisata religi terbaik dan terpopuler di Indonesia. Yuk ajak teman-temanmu untuk mengunjunginya!


#1 – Masjid Istiqlal (Jakarta)


10 Tempat Wisata Religi Terpopuler di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Destinasi wisata religi paling populer di Indonesia adalah Masjid Istiqlal. Masjid ini dibangun sebagai perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara, letaknya yang berhadapan dengan Gereja Katedral Indonesia juga melambangkan kerukunan antar umat beragama di negeri ini.

Masjid yang mampu menampung jamaah hingga 200.000 orang ini memiliki kubah utama dengan ukuran besar. Kubahnya tersusun dari rangka baja anti karat. Bentang diameter kubahnya adalah 45 meter, angka 45 melambangkan tahun 1945, tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Kubah ini ditopang oleh 12 pilar besar yang tersusun melingkar. Angka 12 melambangkan tanggal kelahiran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu 12 Rabiul Awwal, juga melambangkan jumlah bulan dalam setahun.


Menariknya, terdapat tujuh pintu gerbang masuk ke dalam Masjid Istiqlal yang masing-masing pintu itu diberi nama berdasarkan Asmaul Husna. Dari ketujuh pintu ini tiga pintu yaitu Al Fattah, As Salam dan Ar Rozzaq adalah pintu utama. Selanjutnya adalah Al Quddus, Al Malik, Al Ghaffar, dan Ar Rahman. Angka tujuh melambangkan tujuh lapis langit dalam kosmologi alam semesta Islam, serta tujuh hari dalam seminggu.

Sudah pasti dengan segala pesona yang ada, banyak umat muslim di Indonesia menjadikan Masjid Istiqlal sebagai detinasti wisata religinya ketika berada di Jakarta.


#2 – Pura Tanah Lot (Bali)


10 Tempat Wisata Religi Terpopuler di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Pura Tanah Lot Bali atau juga disebut Pura Luhur Tanah Lot adalah sebuah tempat suci agama Hindu yang mempunyai keindahan yang natural dengan Tanah Lot sunset Bali yang memukau, Tanah Lot merupakan salah satu tempat terbaik di Bali untuk melihat sunset. Keindahan sunset Tanah Lot Bali adalah salah satu yang terindah di Bali.

Di Tanah Lot sendiri terdapat 8 pura suci yang masing-masing memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Sebuat saja seperti Pura Penataran untuk memuja Tuhan dan manifestasi-NYA untuk kebahagiaan dan kesejahteraan.

Pura Penyawang sebagai alternatif untuk bersembahyang karena pada saat air laut pasang orang-orang yang ingin bersembahyang tidak bisa masuk ke Pura Tanah Lot.

Pura Jero Kandang untuk memohon kepada Tuhan agar diberikan kesejahteraan dan keselamatan bagi ternak dan tanaman.

Pura Enjung Galuh untuk memuja Dewi Sri untuk kesuburan tanah dan pertanian, Pura Batu Bolong yang digunakan pada saat upacara Melasti atau upacara penyucian.

Pura Batu Mejan yang dipercaya masyarakat bahwa air suci dari mata air ini bisa menyucikan segala sesuatu dari keburukan atau unsur-unsur negatif, Monumen Tri Antaka untuk menghormati 3 pahlawan Bali dan terakhir Pura Pakendungan yang merupakan tempat dimana Dang Hyang Nirartha bermeditasi dan juga ditempat inilah keris sakti Jaramenara diberikan kepada Bendesa Beraban Sakti.

Pura Tanah Lot juga termasuk salah satu destinasi wisata alam sekaligus wisata religi yang paling populer di Bali. Jika kamu berlibur ke bali, jangan lupa mengunjungi tempat wisata religi satu ini.


#3 – Maha Vihara Mojopahit (Mojokerto)


10 Tempat Wisata Religi Terpopuler di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Maha Vihara Mojopahit adalah sebuah tempat wisata religi yang menyajikan beberapa candi dan sisa-sisa peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Lokasi Maha Vihara Mojopahit berada sekitar 300 meter dari tepi Jalan Raya Trowulan. Maha Vihara Mojopahit dibangun oleh Bante Viriyanadi Mahathera pada 1989 di atas tanah seluas 20.000 m2.

Bangunan utama Maha Vihara Mojopahit Trowulan ini terlihat menggunakan arsitektur Jawa yang berbentuk Joglo, sebuah usaha akulturasi yang sangat baik dari pengurus vihara ini. Namun pandangan jarak dekat pada pintu masuk utama ke Maha Vihara Mojopahit ini menunjukkan perpaduan karya seni budaya Cina, India dan Jawa.

Patung Buddha Tidur adalah salah satu monumen ikonik yang kerap ada di destinasi ziarah umat Buddha seperti yang terkenal berada di Thailand. Dan kamu juga bisa menemukan patung seperti itu di tempat ini. Pokoknya, salah satu destinasi wisata religi satu ini tidak boleh terlewat jika kamu berwisata ke Mojokerto.


#4 – Gua Maria Laudres (Kediri)


10 Tempat Wisata Religi Terpopuler di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Buat anda yang beragama Katholik, Gua Maria Laudres yang berada di Kediri bisa jadi salah satu tempat wisata religi yang bisa kinujungi untuk berziarah. Gua Maria yang berdiri dilahan seluas 13 hektar ini memiliki 12 pancuran yang melambangkan 12 Rasul. Banyak yang percaya jika meminum air dari pancuran ini bisa memberikan kesehatan dan keberuntungan. Ada berbagai peribadatan yang kerap dilakukan di destinasi ziarah umat Katholik ini seperti Misa Novena dan juga Tirakatan Malam Jumat Legi.


#5 – Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang)


10 Tempat Wisata Religi Terpopuler di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata religi terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Kota Semarang. Masjid yang mampu menampung jamaah tak kurang dari 15.000 ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tahun 2006.

Upacara peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti setinggi 3,2 m dan berat 7,8 ton yang terletak di depan masjid. Prasasti terbuat dari batu alam yang berasal dari lereng Gunung Merapi.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan obyek wisata terpadu pendidikan, religi, pusat pendidikan, dan pusat aktivitas syiar Islam

Pada saat liburan, Masjid Agung banyak dikunjungi wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Bahkan beberapa turis manca negara, khususnya muslim banyak yang meluangkan waktunya untuk berkunjung ke masjid ini untuk beribadah sekaligus berwisata religi.


#6 - Maha Vihara Maitreya (Medan)


destinasi wisata religi terbaik

Maha Vihara Maitreya didirikan sejak tahun 1991 di tanah seluas 4,5 hektar yang berada di komplek Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara, Medan. Meski didirikannya sudah lama, tetapi baru diresmikan pada tahun 2008. Nama Maha Maitreya dalam vihara diambil dari nama Budha Maitreya yang ditinggikan karena ajarannya tentang cinta kasih semesta kepada umat Budha.

Salah satu wisata religi terpopuler di Indonesia ini sangat ramai dikunjungi. Suasana di sana sangat tenang dan damai. Ini membuat suasana beribadah menjadi lebih khusyuk.

Desain dan penataan vihara ini terlihat sederhana dengan beberapa sudut tempat yang menarik bagi yang hobi foto-foto. Di sisi kiri dari vihara ada sebuah patung Dewi Kuan Yim dengan air kolam berisi ikan koi yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Selain itu, ada dua buah patung naga yang berhadapan mengarah ke patung Dewi Kuan Yim.

Maha Vihara Maitreya juga memiliki taman burung yang berisi berbagai jenis burung. Ini membuat pengunjung yang datang menjadi betah dan lupa waktu.

Meski termasuk agama yang minoritas, umat Budha tetap mendapatkan haknya dalam membangun rumah ibadah. Bahkan pembangunan Maha Vihara Maitreya adalah salah satu yang terbesar di Kota Medan, Indonesia, hingga yang terbesar se-Asia Tenggara.


Baca juga: 20 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Wajib Dikunjungi



#7 – Gereja Blenduk (Semarang)


wista relifi di indonesia paling populer

Gereja Blenduk dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di Kota Lama Semarang. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras dan mudah dikenali. Bentuknya lebih menonjol . Lokasi bangunan ini frontal terhadap Jl. Suari yang dahulu bernama Kerk straat (Jalan Gereja).

Gereja Blenduk sudah berganti rupa beberapa kali. Mula-mula Gereja ini dibangun pada tahun 1753, berbentuk rumah panggung Jawa, dengan atap yang sesuai dengan arsitektur Jawa. Hal ini dapat dilihat pada peta kota Semarang tahun 1756 yang menunjukkan konfigurasi massa yang berbeda dari sekarang. Pada tahun 1787 rumah panggung ini dirombak total.

Tujuh tahun berikutnya diadakan kembali perubahan. Pada tahun 1894, gedung ini dibangun kembali oleh H.P.A. de Wilde dan W.Westmas dengan bentuk seperti sekarang ini. Yaitu dengan dua menara dan atap kubah. Keterangan mengenai Wilde dan Wetmas tertulis pada kolom di belakang mimbar.


#8 – Masjid Menara (Kudus)


tempat wisata di indonesia bernuansa religi

Tempat wisata religi terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Menara yang berlokasi di Kudus. Masjid yang didirikan oleh Syekh Jafar Sodiq yang lebih dikenal sebagai Sunan Kudus tahun tahun 1549 M atau 956 H ini awalnya bernama Masjid Al Aqsha.

Nama ini sendiri terdapat pada sebuah prasasti yang terpasang di bagian atas mihrab dan menyatakan bahwa masjid itu bernama Masjid Al Aqsha di negeri Al Quds. Nama masjid Kudus sendiri kemudian baru populer dan dikenal setelah proses pengislaman berlangsung.

Menara Masjid Kudus merupakan perwujudan bangunan hasil akulturasi antara dua kebudayaan Hindu-Jawa dengan Islam. Budaya Hindu-Jawa sendiri tercermindari bangunan yang mirip candi. Sedangkan budaya Islam tercermin dari penggunaannya untuk adzan.

Cerminan akulturasi dari masjid ini juga tercermin dari corak bagian gapura dan juga pada bagian dalam masjid yang memiliki sepasang gapura kuno yang disebut dengan “Lawang Kembar”. Akulturasi sendiri merupakan percampuran dua budaya atau lebih yang tidak menghapus budaya aslinya.

Pada saat Islam masuk ke Nusantara pada sektar abad ke-7, masyarakat Nusatara memang masih sangat terpengaruh dengan kebudayaan Hindu dan Buddha.

Nah kemudian para penyebar agama Islam di Jawa (Wali Songo), termasuk Sunan Kudus sendiri dalam memperkenalkannya menggunakan strategi percampuran budaya Hindu dan Islam agar masyarakat bisa tertarik dan mudah menerima ajaran agama Islam yang baru saat itu.


#9 - Klenteng Kwan Sing Bio (Tuban)


daftar tempat wisata religi indonesia terbaik

Kwan Sing Bio adalah sebuah klenteng yang megah di Tuban. Klenteng ini sangat ramai dikunjungi oleh etnis Tionghoa, konon karena kekeramatannya. Klenteng ini diklaim sebagai satu-satunya klenteng di Indonesia yang menghadap laut bebas.

Sebenarnya di Tuban terdapat dua klenteng. Satu klenteng lagi berada di dekat alun-alun Tuban, Tjoe Ling Kiong. Namun dari sisi luas bangunan dan juga pengunjung, nama Kwan Sing Bio seolah menenggelamkan keberadaan saudara tuanya itu.

Klenteng Kwan Sing Bio sendiri merupakan tempat peribadatan penganut ajaran Tri Dharma (Budha, Tao, dan Kong Hu Cu) dengan patung Kepiting yang menjadi ikon dari bangunan ini. Kselain itu, Klenteng ini juga menyediakan tempat bermalam gratis untuk para pengunjungnya.


#10 – Pura Besakih (Bali)


wisata religi terpopuler

Pura Besakih adalah destinasi wisata religi yang digunakan sebagai persembahyangan agama Hindu di Bali.  Pura Besakih Bali juga sering disebut dengan nama Pura Agung Besakih. Terdapat 18 Pura pendamping yang berada di sekeliling dari Pura Penataran Agung Besakih.

Pura Besakih di Bali merupakan lokasi pusat kegiatan keagamaan bagi umat Hindu Bali dan Pura Penataran Agung Besakih adalah Pura terbesar di wilayah Pura ini. Pura Penataran Agung Besakih paling banyak memiliki tempat atau bangunan untuk persembahyangan.


Demikian daftar tempat wisata religi terpopuler di Indonesia yang berasal dari berbagai agama. Kalau kamu, sudah pernahkah mengunjungi beberapa tempat wisata bernuansa religi di atas? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar....

Next > Daftar Tempat Wisata di Dieng

Previous Post
Next Post

0 komentar: