Senin, 05 Februari 2018

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng (Tips Lengkap!)


Bagaimana cara mendaki Gunung Prau via Patak Banteng


Bebaca Wisata – Mendaki Gunung saat ini menjadi hobi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai sarana untuk mempererat hubungan pertemanan dan kekeluargaan, mendaki Gunung juga bisa menjadi pengingat akan hebatnya alam ciptaan sang Maha Kuasa.

Salah satu Gunung di Jawa Tengah yang paling diminati oleh para traveler atau pendaki adalah Gunung Prau yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kendal dan Wonosobo ini berada di koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT.

Gunung Prau sudah biasa menjadi tempat tujuan para pendaki, baik itu pendaki profesional maupun pendaki pemula. Karena Gunung Prau tergolong pendek, hanya 2565 m di atas permukaan laut (mdpl) sehingga sangat bisa ditaklukkan pendaki pemula.

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng (Tips Lengkap!)
Cara Mendaki Gunung Prau Tips Lengkap

Meski begitu, pemandangan Gunung Prau terkenal sangat indah, terlebih gunung ini dekat dengan berbagai wisata Dieng yang bisa sekalian kamu nikmati jika berada di sini. Gunung Prau sendiri tidak memiliki kawah karena masih tergolong sebagai gundukan bukit yang biasa disebut sebagai Bukit Teletubies.

Sebagai informasi, Gunung Prau tidak memiliki mata air,sehingga sangat kami sarankan untuk membawa persediaan air yang banyak agar tidak kekurangan dan tetap semangat dalam perjalanan.

Lalu, gimana sih cara mendaki Gunung Prau lewat jaur pendakian Patak Banteng? Ini dia ulasan lengkapnya.



Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng


Untuk mendaki Gunung Prau, ada 3 pilihan jalur yang bisa kamu pilih, yaitu Jalur patak banteng, Jalur dieng kulon dan Jalur kendal.

Di antara ketiga Jalur pendakian Gunung Prau tersebut, yang terkenal paling mudah dijangkau sekaligus paling ramai adalah Jalur Patak Banteng.

Kenapa? Karena lokasi jalur ini dekat dengan jalan utama menuju lokasi wisata Dieng. Untuk mendaki pun relatif cukup cepat, bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 2,5 jam – 3 jam saja.

Sebagai jalur yang cukup ramai, Patak Banteng juga menjadi favorit karena bisa mendapat lebih banyak kenalan dalam perjalanan, dan kalau ada apa-apa di jalan pasti lebih banyak yang siap membantu.

Hal yang harus anda ketahui sebelum mendaki, para pendaki diwajibkan melalui Basecamp yang terletak di Balai Desa Patak Banteng.

Jika anda dari Barat, maka bisa menggunakan kendaraan umum atau kereta dan berada di titik point terminal Kabupaten Banjarnegara. Setelah itu, dilanjutkan menggunakan angkutan umum setempat yang menuju Wonosobo. Sesampinya di perbatasan desa Patak Banteng – Dieng, kamu turun saja di Balai desa Patak Banteng. Adapun lokasi Basecamp berada tepat di belakang balai desa tersebut.

Jika anda dari utara, timur, maupun selatan, anda bisa melewati Kabupaten Temanggung dan lanjut ke Wonosobo. Jika sudah sampai Simpang 3 Desa Madurasi atau bisa juga Terminal Mandolo Kota Wonosobo, anda tinggal menumpang mini bus Jurusan Wonosobo – Dieng. Kemudian anda turun saja di Kantor Balai Desa Patak Banteng yang terletak di sebelah kiri jalan. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dan melalui jalan Banjarnegara langsung tanpa harus melewati kota Wonosobo.


Masuk Gerbang Kawasan Dieng (Bayar Karcis Masuk)


Pendakian Gunung Prau via Jalur Parak Banteng ini selama perjalanan dari kawasan Wonosobo akan dimanjakan oleh landscape pemandangan yang sangat cantik dari pegunungan Dieng. Dari Wonosobo, para pendaki akan dimintai Karcis masuk kawasan Dieng.

Setelah melewati pintu Gerbang Kawasan Wisata Dieng, pendaki akan semakin dimanjakan dengan berbagai pegunungan yang masih asri dan udara yang sangat segar. Di sini anda bisa menikmati pemandangan dari Pegunungan Dieng maupun Gunung Sindoro.

Sebelum melanjutkan perjalanan, anda bisa juga istirahat sejenak untuk mengabadikan momen berfoto maupun hanya sekadar menikmati pemandangan persawahan dan hawa sejuk yang disediakan oleh alam. Dari jalan menuju basecamp, pendaki akan menjumpai jalan menuju basecamp pendakian gunung Sindoro via Tambi.


Setelah Pendaki Sampai di Basecamp Patak Banteng


Tips Jalur Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng – Jika sudah sampai di Basecamp, anda harus mendaftarkan diri dan kelompok terlebih dahulu agar mendapat izin mendaki. Dalam Basecamp, anda harus mengecek kembali perbekalan selama berada di atas Gunung.

Biasanya, di Basecamp ini para pendaki tidak langsung lanjut mendaki, banyak dari mereka yang memilih untuk beristirahat terlebih dahulu untuk mengumpulkan tenaga. Mengigat perjalanan mendaki Gunung Prau lewat Patak Banteng memang cukup lama dan melelahkan.

Kabar baiknya, mendaki Gunung Prau via Patak Banteng ini cukup mudah perizinannya jika dibandingkan gunung-gunung lain. Anda hanya perlu membayar uang cash dan mendapat Karis pendaki, dan sudah bisa langsung berangkat mendaki sampai menuju puncak Gunung.

Walaupun ada juga pesyaratan khusus yang berisi larangan-larangan selama perjalanan maupun selama berada di puncak. Persyaratan khusus ini bisa anda temukan pada Poster yang ada di Basecamp. Saran kami, sebaiknya anda mengigat seluruh peraturan atau memfoto posternya agar tidak terjadi hal-hal buruk kedepannya.

Oh ya, jika anda membawa kendaraan pribadi ketika menuju Basecamp, anda bisa menitipkan kendaraan tersebut ke tempat parkir dan bisa diambil kembali ketika anda turun. Tentunya, nanti akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

Nah, selanjutnya kami akan menerangkan secara lengkap tahap-tahap mendaki Gunung Prau melewati Patak Banteng!


(Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng ) dari BASECAMP menuju POS I


Cara mendaki gunung Prau via Patak Banteng, macam-macam jalur pendakian Gunung Prau yang mudah untuk pemula, peraturan mendaki gunung Prau, transportasi menuju Gunung Prau.

Dari poin ini, kami akan menjelaskan secara ringkas dan lengkap apa saja sih yang harus dilakukan dan apa saja informasi yang diperlukan agar bisa sampai ke puncak Gunung Prau dengan selamat.

Berangkat dari Basecamp, pendaki akan berjalan melewati perkampungan warga Patak Banteng. Di sini ada petunjuk jalan yang sangat jelas menuju puncak, sehingga pendaki dijamin tidak akan tersesat.

Setelah melewati perkampuan sampai sekitar 1 km, pendaki akan melewati persawahan yang sangat indah dengan terasering yang sangat rapi dan hijau. Sambil berjalan dengan suasana persawahan yang asri ini pasti akan sangat menghibur anda, terutama bagi anda yang berasal dari Kota.

Setelahnya, pendaki akan melalui jalanan berbatu yang sedikit menanjak, kurang lebih 15 menit sampai di Pos I.

Sebagai informasi, Pos I pendakian Gunung Prau Via Jalur Patak Banteng berupa sebuah gubuk kecil di persawahan. Biasanya, di dekat Pos I ini ada beberapa penjual bakso serta Siomay yang bisa anda nikmati sebelum melanjutkan perjalanan ke Pos II.

Oleh karena jalan dari Basecamp ke Pos I tergolong mudah dan tidak menanjak, para pendaki bisa langsung melanjutkan perjalanan tanpa beristirahat jika ingin cepat sampai ke puncak.

Di POS I, pemandangan yang bisa anda nikmati adalah area persawahan yang asri dan dari kejauhan tampak Gunung Sindoro. Di pos ini, biasanya ada juga tukang ojek yang menjemput pendaki yang turun menuju Basecamp.


Dari POS I menuju POS II


Tips jalur pendakian Gunung Prau lewat Patak Banteng berikutnya berlanjut dari Pos I menuju Pos II. Setelah beristirahat sejenak di POS I, pendaki bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Pos II. Pendaki hanya perlu berbelok ke kiri melewati persawahan dengan masih pemandangan sawah di kanan dan kiri.

Waktu yang dibutuhkan untuk berjalan dari Pos I ke Pos II tidak begitu lama, sekitar 15-30 menit saja anda sudah bisa sampai. Hanya saja, jalur dari Pos I menuju Pos 2 sudah sedikit menanjak dan berupa tangga tanah.

Tepat sebelum Pos II, para pendaki akan menjumpai warung kecil yang berada di sebelah kiri jalur. Warung ini biasanya buka jika pendakian ramai dan biasa dimanfaatkan para pendaki untuk membeli berbagai makanan dan minuman. Pos II sendiri berjarak sekitar 20-30 meter dari warung tersebut.

Adapun POS II Jalur Mendaki Gunung Prau via Patak Banteng adalah sebuah lahan lapang kecil, yang cukup untuk mendirikan 2 tenda saja. Di pos ini, biasanya para pendaki langsung melanjutkan perjalanan tanpa beristirahat, karena memang perjalanan dari pos pertama tidak terlalu menguras tenaga.

Perjalanan kemudaian berlanjut menuju pos ketiga. Dengan memasuki hutan Gunung Prau yang lebat dan didominasi dengan pohon cemara dan pohon pinus.


Dari POS II menuju POS III


Tips Cara mendaki Gunung Prau via Jalur Patak Banteng berikutnya berlanjut dari Pos II menuju Pos III. Mulai dari POS II ke POS III, perjalanan akan sedikit lebih sulit karena jalanan akan mulai menanjak ditambah semakin terjal.

Harap berhati-hati karena jalanan akan semakin licin jika cuaca hujan atau pasca hujan. Oleh karena jalanan yang cukup jauh dan menanjak, mungkin pendaki akan merasa bosan karena pemandangan di kanan dan kiri hanya hutan saja.

Sebaiknya, sepanjang perjalanan menuju POS III pendaki tidak perlu mengambil gambar karena jalan lumayan susah untuk tidak berpegangan.

Butuh waktu sekitar 40 menitan untuk bisa sampai ke POS III, karena perjalanan ini cukup menguras tenaga sangat kami sarankan untuk kamu beristirahat sejenak sebelum lanjut mendaki ke POS IV. Usahakanlah untuk beristirahat setidaknya 10 sampai 15 menit di POS ini karena perjalanan ke puncak masih setengah perjalanan lagi.

Adapun Pos III pendakian Gunung Prau via Jalur Patak Banteng adalah lahan kecil sebelah kanan dan muat untuk 2 tenda. Pos ketiga ini tidak ada pemandangan yang istimewa, hanya berupa bukit dan hutan sehingga apabila pendaki sudah puas berfoto-foto dan beristirahat, kami sarankan untuk segera melanjutkan perjalanan agar bisa sampai di puncak Gunung Prau tepat waktu.


(Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng ) Dari POS III sampai BUKIT TELETUBBIES


Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng (Tips Lengkap!)

Perjalanan masih cukup panjang, pastikan segala persiapan seperti bekal, air dan kondisi kesehatan kelompokmu sebelum lanjut mendaki.

Dalam perjalanan menuju Bukit Teletubbies,pendaki masih harus melawan jalur yang terjal dan menanjak, dalam posisi ini para pendaki wajib hati-hati karena di sekitar jalur tidak terdapat pegangan. Lebih baik jalan pelan-pelan saja agar sampai ke puncak dengan selamat dan lebih menghemat tenaga.

Perjalanan dari pos III menuju bukit Teletubbies ini memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar 30 menitan dengan jalur yang terjal dan menanjak. Sekitar 15 menit perjalanan menuju Bukit tersebut, anda akan melihat dan menjumpai belokan yang menanjak.

Meski jalannya agak ekstrem, tapi dari belokan ini anda akan mulai disuguhi beraneka pemandangan indahnya perkampungan Dieng dan gunung Sindoro. Terutama jika cuaca sedang cerah pemandangannya akan terlihat lebih indah, namun sebaiknya para pendaki tetap hati-hati dan minimalisir foto-foto karena medan masih cukup berbahaya.

Berdasarkan pengalaman mendaki gunung Prau via Patak Banteng, perjalanan menuju Bukit Teletubis ini sangat melelahkan dan menguras tenaga. Namun semua itu akan terbalas dengan pemandangan indah dan kebahagiaan yang pasti akan kamu jumpai di depan. Tetap semangat dan lanjutkanlah perjalanan. Menaklukkan Gunung Prau tinggal beberapa usaha lagi.

Tepat sebelum bukit, pendaki akan menjumpai jalan setapak yang landai. Jika kamu melewati jalan tersebut, tandanya sebentar lagi kamu akan sampai di Bukit Teletubis.

Kebagiaan mulai datang, dari jalan setapak ini anda akan melihat pemandangan indah yang diselimuti bunga Daisy yang indah dan tersusun rapi.

Jika gunung lain memiliki Bunga Edelweis yang menjadi Raja dari kawasan tersebut, maka Gunung Prau menjagokan Bunga Daisy yang tumbuh di kawasan sejuk sebagai Ratu nya. Nah, momen ini bisa kamu buat untuk berfoto-foto untuk kenang-kenangan. Namun ingat, jangan sampai kamu merusak tanaman Bunga Daisy yang sudah tersusun dengan rapi, karena bisa jadi kamu akan terkena pelanggaran dari pengelola.

Selain Bunga Daisy, ada kurang lebih 12.000 spesies bunga dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna. Berbagai jenis bunga tersebut tumbuh dengan alami di padang rumput yang liar dan hutan.

Sesampainya di Bukit Teletubbies, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Bukit Teletubis sendiri berupa gundukan lahan luas yang biasa dipakai sebagai tempat camping oleh para pendaki yang ingin menginap.

Ada yang mendirikan tenda di ujung paling timur, ada yang mendirikan tenda di dekat bunga-bunga yang indah dan ada pula yang mendirikan tenda di dekat jalur pendakian menuju puncak. Yang pasti, Bukit Teletubis ini bisa kamu manfaatkan untuk bermalam dan membuat pengalaman seru bermalam di gunung dengan balutan alam yang indah dai Maha Kuasa.

Setelah bermalam di Bukit Teletubbies, pagi harinya kamu akan dihibur oleh betapa indahnya Sunrise Gunung Prau, di mana semua pendaki sangat menunggu momen ini agar bisa menikmati keindahan alam dan berfoto-foto menikmati moment yang luar biasa dan sudah langka di zaman modern ini.

Sebagai informasi tambahan, Sunrise dari Gunung Prau ini sangat terkenal dan masuk sebagai salah satu Sunries terbaik dan terindah di dataran tinggi Dieng.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Gunung Prau selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap bulannya. Untuk menikmati keindahan sunrise gunung prau, para pendaki bisa bangun pagi dan bergegas menuju arah timur bukit.

Selain melihat Sunrise yang indah, kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing , dua gunung kembar yang legendaris itu. Selain itu ada juga view Gunung Merapi serta Gunung Merbabu di sebelah kanan.

Jika sudah cukup mengambil gambar dan menikmati keindahan alam, kamu bisa melanjutkan perjalanan mendaki puncak Gunung Prau.


Dari BUKIT TELETUBIS menuju PUNCAK


Pendakian Gunung Prau via Jalur Patak Banteng hampir mencapi puncaknya. Tidak jauh dari Bukit Teletubis, kamu akan melihat puncak Gunung Prau. Pendaki akan berjalan ke arah kiri dan kemudian menaiki bukit. Nah, di sana akan terdapat Puncak dari Gunung Prau. Puncak dari Gunung Prau ini ditandai oleh adanya papan kecil bertuliskan “Puncak 2565 mdpl”. Dan selamat kamu telah menaklukkan Gunung Prau.

Jangan lupa bersyukur dan pastinya sekembali dari mendaki Puncak ini diharapkan kamu bisa lebih menghargai alam dan pastinya jangan sampai meninggalkan satu sampah pun di sepanjang perjalanan.

Jangan lupa juga sebelum berangkat kamu melengkapi peralatan safety dan air minum yang banyak agar tidak merugikan tim maupun diri sendiri. Mendakilah dengan penuh tanggung jawab dan mematuhi semua aturan yang berlaku. Karena Gunung bukan lah tempat pribadi,melainkan tempat yang harus kita jaga bersama keindahannya.


Tag:
Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng, Cara mendaki gunung Prau via Patak Banteng, macam-macam jalur pendakian Gunung Prau yang mudah untuk pemula, peraturan mendaki gunung Prau, transportasi menuju Gunung Prau. Cerita pengalaman dan estimasi biaya mendaki Gunung Prau dari Jakarta, Jogja dan informasi tentang larangan Gunung Prau.


Demikian informasi jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat untukmu mencari cara mendaki gunung Prau lewat Patak Banteng.


Previous Post
Next Post

0 komentar: